Mengirim surat lamaran kerja melalui email memang lebih praktis dan hemat, tapi sayangnya tidak semua orang tahu cara mengirim CV lewat email. Padahal melalui email para pelamar tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk melamar kerja.

Dulu sebelum adanya email dan internet, orang-orang mengirim surat lamaran kerja secara langsung atau melalui pos. Kemajuan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang tentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Jadi, daripada kamu membuang banyak waktu dan ongkos bensin untuk pergi melamar kerja, sebaiknya kamu mengirim lamaran secara online melalui email. Jika, belum tahu cara mengirim surat lamaran kerja lewat email, sebaiknya kamu memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengirim CV Lewat Email

1. Persiapkan CV Terbaru

CV Menarik
CV Menarik

Sebelum melakukan hal-hal berikutnya, kamu harus membuat CV terbaru terlebih dahulu. Sebaiknya, jangan membuat CV yang biasa saja tapi buatlah yang semenarik mungkin.

Agar pihak HRD tertarik melihat CV milikmu hingga akhir, lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik? Sebenarnya sangat mudah apalagi sekarang banyak situs atau platform yang menyediakan template CV secara gratis.

Berikut ini beberapa rekomendasi situs penyedia template CV secara gratis yang bisa kamu coba:

  • Canva

Rekomendasi CV maker yang pertama, yaitu Canva yang bisa membantu membuat CV profesional dengan mudah. Selain, melalui situs resminya kamu juga bisa mengunduh aplikasi Canva untuk membuat CV melalui handphone.

  • Visual CV

Dengan menggunakan Visual CV, kamu bisa membuat curriculum vitae dengan tampilan formal dan profesional secara gratis. Di sini ada banyak pilihan template contoh CV gratis dengan desain simpel dan minimalis yang bisa dicoba.

Tidak hanya memiliki banyak pilihan template, Visual CV juga menggunakan tatanan teks profesional dalam bahasa Inggris. Jadi sangat cocok bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan asing.

  • Zety

Situs tempat membuat CV secara online berikutnya, yaitu Zety yang juga menyediakan berbagai pilihan template secara gratis. Zety menyediakan 20 lebih template CV dengan berbagai desain yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat CV yang menarik.

Selain, bisa membuat CV kamu juga bisa membuat surat lamaran atau cover letter di sini dengan mudah.  Jadi, tidak perlu repot-repot membuatnya di Microsoft Word karena bisa sekalian kamu buat di Zety.

  • ResuMonk

Berikutnya ada ResuMonk yang bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat CV yang menarik. Di sini kamu bisa menggunakan berbagai template secara gratis untuk membuat CV yang menarik. Setelah selesai membuat CV di ResuMonk kamu bisa lanjut ke cara mengirim CV lewat email berikutnya.

  • Resume Genius

Jika, mencari platform penyedia template CV dengan antar muka yang simpel dan mudah digunakan. Kamu bisa mencoba membuatnya di Resume Genius yang memiliki berbagai template CV menarik.

Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan Resume Genius secara gratis dan cepat. Bahkan karena saking mudahnya para pengguna Resume Genius bisa membuat CV dalam waktu 5 hingga 15 menit saja.

  • Resume.io

Rekomendasi platform CV maker selanjutnya, yaitu Resume.oi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat CV profesional.

Di sini ada banyak pilihan template CV menarik yang bisa digunakan secara gratis dan terdapat fitur automatic spell checker yang bisa mengoreksi ejaan dan tata bahasa yang salah.

2. Persiapkan Dokumen Pendukung yang Diperlukan

Setelah kamu berhasil membuat CV yang menarik, hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan untuk melamar kerja.

Terkadang beberapa perusahaan akan meminta dokumen persyaratan yang berbeda-beda, namun secara garis besar ada dokumen yang wajib dilampirkan di antaranya adalah:

  • Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)
  • Surat Lamaran Kerja
  • Pas Foto Terbaru
  • Scan Kartu Identitas
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Scan Sertifikat yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar
  • Scan SKCK dari kepolisian setempat
  • Portofolio jika punya

Daftar persyaratan di atas merupakan syarat umum melamar kerja yang biasanya ditetapkan oleh kebanyakan perusahaan.

3. Persiapkan Alamat Email Personal

Cara mengirim CV lewat email selanjutnya, kamu perlu mempersiapkan alamat email pribadi. Sebaiknya alamat email yang digunakan menggunakan nama yang sesuai dengan identitasmu.

Berikut contoh alamat email yang tepat untuk digunakan mengirim lamaran kerja:

  • dwiratnasari123@gmail.com
  • Rezadrian19@gmail.com
  • Sheilapuspita@gmail.com

Berikut contoh alamat email yang tidak disarankan digunakan untuk mengirim CV atau lamaran kerja:

  • mei-mei-chubby389@gmail.com
  • syakilla-syantikkk789@gmail.com
  • boy-ganteng3160@gmail.com

4. Isi Detail Email

Cara mengirim CV lewat email selanjutnya, yaitu mengisi detail emal dengan lengkap mulai dari bagian penerima, subjek, hingga body email.

Semua bagian tersebut harus kamu isi dengan lengkap dan benar terutama pada bagian penerima. Berikut adalah langkah-langkah mengisi bagian-bagian email sebelum mengirim CV yang harus kamu tahu:

a. Tujuan Email

Di bagian kolom penerima yang terletak di bagian paling atas, tulislah alamat email HRD atau alamat email yang tertera pada lowongan kerja.

b. Subjek Email

Biasanya ada perusahaan yang mengharuskan pelamar mengisi subjek email berdasarkan format yang telah mereka tentukan.

Tapi, jika di lowongan kerja yang kamu lihat tidak tertulis format subjek, kamu bisa mengisinya dengan format berikut.

Contoh mengirim lamaran lewat email untuk bagian subjek: Surat Lamaran Kerja (Posisi yang Dilamar) – (Nama Pelamar).

c. Isi atau Body Email

Ketika mengirim lamaran kerja lewat email, sebaiknya jangan hanya mengirimkan CV saja. Kamu juga perlu mengisi body email dengan kalimat pembuka, jika belum tahu bagaimana membuat kalimat pembuka.

Carilah contoh kalimat pembuka mengirim CV lewat email di Google, nanti akan muncul banyak referensi yang bisa kamu pilih. Kalimat pembuka atau kata pengantar lamaran kerja harus diketik di body email dengan bahasa yang santun dan formal.

Jangan menggunakan istilah atau kata-kata yang tidak baku dan hindari salah ketik saat mengisinya.

d. Lampiran

Setelah selesai mengisi body email dengan kalimat pembuka, selanjutnya kamu perlu menautkan lampiran berupa dokumen-dokumen persyaratan yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Untuk melampirkan dokumen persyaratan tersebut, cukup klik tombol berbentuk seperti paper clip. Lalu cari dokumen persyaratan yang sebelumnya sudah disiapkan, pastikan dokumen tersebut sudah diubah ke dalam bentuk file PDF.

e. Periksa Kembali

Selanjutnya cara mengirim CV lewat email yang tepat, yaitu dengan memeriksanya kembali sebelum mengklik tombol kirim.

Baca ulang bagian penerima, subjek, hingga kalimat pembuka yang ada di body email. Untuk mengantisipasi jika ada kekeliruan pada salah satu bagian tersebut. Pastikan juga dokumen yang dilampirkan sudah benar dan menggunakan format PDF.

f. Kirim Email

Setelah diperiksa dan sudah tidak ada kesalahan, selanjutnya kamu bisa langsung mengirimkannya dengan mengklik tombol kirim berwarna biru di sebelah kanan.

Cara mengirim CV lewat email di atas bisa kamu coba ketika hendak mengirim lamaran ke suatu perusahaan. Pastikan selalu mengecek ulang lamaranmu sebelum mengirimnya, terutama di bagian alamat email penerima. 

Categorized in: