Kamu mau melamar kerja? Selain memastikan lowongan yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan, pelamar juga harus tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang benar supaya dokumen berpotensi lolos seleksi administrasi.
Sebuah surat lamaran kerja, punya aturan baku dalam penulisannya sehingga kamu tinggal mengikuti struktur yang ada. Tinggal memastikan bahasa yang dipakai adalah, bahasa formal namun enak dibaca dan informasi di dalamnya lengkap.
Seperti apa cara membuatnya? Simak penjelasan di bawah ini, yang bisa dijadikan panduan untuk menghasilkan sebuah surat yang tepat dan disukai HRD perusahaan.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Ada tujuh poin penting wajib ada dalam sebuah surat lamaran, jangan sampai tertinggal salah satunya. Masing-masing poin juga harus benar penempatannya, dengan struktur yang jelas. Berikut ini penjelasan cara membuat surat lamaran kerja tersebut:
1. Lokasi dan Tanggal Pembuatan Surat Lamaran
Poin pertama yang harus kamu buat adalah lokasi tempat kamu membuat surat tersebut dan tanggal pembuatannya.
Letak informasi ini, ada di pojok kanan atas surat dengan format “lokasi, tanggal,bulan, dan tahun”
Ada juga yang menempatkannya di pojok kiri atas dengan tujuan yang sama, kamu tinggal pilih mau menggunakan sisi yang mana.
Gunanya dari informasi ini adalah untuk menjelaskan dimana dan kapan kamu membuat surat tersebut. Pastikan update dan tidak sekedar copy paste dari contoh yang sudah ada. Misalnya: Balikpapan, 30 Juni 2022
2. Alamat Perusahaan
Di bawah informasi lokasi dan tanggal lengkap, poin yang harus ada adalah alamat perusahaan tujuan surat lamaran tersebut. Sama halnya dengan membuat surat formal lainnya, data ini harus jelas dan lengkap.
Dimulai dengan memberikan kata penghormatan kepada pihak tujuan, kemudian diikuti nama penerima atau nama perusahaan (jika pada informasi lowongan kerja tidak dicantumkan nama pihak perusahaan yang akan menerima surat-red).
Di bawahnya, kamu bisa menjelaskan alamat lengkap dari perusahaan atau diganti dengan kata “di tempat”. contohnya adalah:
Kepada Yth, Pimpinan PT Akhtarindo Perkasa di Jakarta
3. Pembukaan Surat
Lanjut pada poin ketiga setelah alamat perusahaan, yaitu pembukaan surat yang merupakan bagian penting saat menerapkan cara membuat surat lamaran kerja.
Diawali dengan kata “Dengan Hormat” lalu ditambah satu atau dua kalimat pembuka, yang isinya menjelaskan darimana kamu mendapatkan informasi lowongan dan maksud kamu melamar posisi tersebut. Contohnya adalah:
Dengan Hormat, Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui media sosial Facebook, bahwa PT. Akhtarindo Perkasa membuka lowongan kerja untuk posisi manager HRD. Oleh karena itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Nama : Adreno Tempat dan tanggal lahir : 7 Mei 1999 Pendidikan Terakhir : S1-Hukum Alamat : Jl. Indah Gang Sejuk Nomor 100 Nomor Telepon : 0123456789 Alamat Email : adreno@jojon.com
4. Isi Surat
Pada bagian isi surat ini, kamu bisa menjelaskan sedikit tentang pengalaman kerja yang relevan dengan posisi lamaran. Untuk lebih meyakinkan pihak perusahaan tentang kemungkinan kamu bisa jadi kandidat calon karyawan baru.
Jangan lupa jelaskan juga kemampuan dan skill yang kamu miliki terkait posisi tersebut. Bisa juga ditambah pencapaian dari pekerjaan sebelumnya yang membuat kamu merasa yakin bisa diterima. Contohnya adalah:
“Saya memiliki pengalaman kerja di perusahaan otomotif, untuk posisi senior HRD. Saya paham tugas pokok dan fungsi divisi HRD dengan baik, mulai dari mengelola karyawan dan administrasi penunjangnya.”
“Saya juga memiliki sudah punya salah satu pencapaian terbaik menjadi karyawan teladan yang dinilai mampu menjalankan tugas dan membuat divisi HRD di perusahaan sebelumnya berhasil menerima SDM potensial yang mampu berkontribusi positif bagi perusahaan.”
5. Lampiran Tambahan
Pada paragraf selanjutnya, kamu bisa menjelaskan apa saja dokumen pendukung yang ada pada satu rangkap surat lamaran kerja kamu tersebut. Pastikan sesuai dengan kualifikasi yang diminta perusahaan, berdasarkan informasi lowongan kerja yang mereka sebarkan.
Bagian ini akan sama isinya, baik saat kamu menggunakan cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan atau diketik pakai komputer. Contohnya:
Bersama surat ini, saya juga melampirkan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi dan seleksi calon karyawan baru PT. Akhtarindo Perkasa, yaitu: - Photocopy KTP - Ijazah yang dilegalisir - Surat Keterangan Catatan Kepolisian - Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar - Transkrip nilai terakhir yang sudah dilegalisir - Photocopy sertifikat yang pernah saya peroleh
6. Penutup Surat
Untuk poin penutup surat, kamu bisa memberikan kalimat penutup dan harapan kamu untuk bisa lolos tahapan administrasi. Sehingga bisa berjuang di tahap selanjutnya. Lalu, akhiri dengan mengucapkan terima kasih.
Contohnya:
Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan informasi sebenarnya. Sangat besar harapan saya untuk dapat lolos ke tahap seleksi berikutnya. Atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan banyak terima kasih.
7. Tanda Tangan
Bagian terakhir adalah salam penutup, lalu tanda tangan dan nama jelas di bagian bawah tanda tangan.
Tanda tangan sangat penting dicantumkan, kemanapun kamu melamar. Baik itu ke perusahaan lokal, internasional, atau pabrik dengan menggunakan cara membuat surat lamaran kerja di pabrik yang tepat.
Gunanya yaitu untuk memastikan bahwa memang kamu yang membuat dan bertanggung jawab atas surat tersebut dan dokumen pendukungnya.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Agar kamu lebih paham, coba cek contoh surat lamaran kerja berikut yang dibuat berdasarkan poin-poin di atas.
Balikpapan, 30 Juni 2022 Kepada Yth, Pimpinan PT Akhtarindo Perkasa di Jakarta Dengan Hormat, Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui media sosial Facebook, bahwa PT. Akhtarindo Perkasa membuka lowongan kerja untuk posisi manager HRD. Oleh karena itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Nama : Adreno Tempat dan tanggal lahir : 7 Mei 1999 Pendidikan Terakhir : S1-Hukum Alamat : Per. Indah Gang Sejuk Nomor 100 Nomor Telepon : 0123456789 Alamat Email : adreno@jojon.com Saya memiliki pengalaman kerja di perusahaan otomotif, untuk posisi senior HRD. Saya paham tugas pokok dan fungsi divisi HRD dengan baik, mulai dari mengelola karyawan dan administrasi penunjangnya. Saya juga memiliki pencapaian terbaik, sebagai karyawan teladan yang mampu menjalankan tugas dan membuat divisi HRD di perusahaan sebelumnya menerima SDM potensial yang mampu berkontribusi positif bagi perusahaan, Bersama surat ini, saya juga melampirkan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi dan seleksi calon karyawan baru PT. Akhtarindo Perkasa, yaitu: - Photocopy KTP - Ijazah yang dilegalisir - Surat Keterangan Catatan Kepolisian - Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar - Transkrip nilai terakhir yang sudah dilegalisir - Photocopy sertifikat yang pernah saya peroleh Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan informasi sebenarnya. Sangat besar harapan saya untuk dapat lolos ke tahap seleksi berikutnya. Atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih Hormat Saya, Tanda tangan Adreno
Membuat sebuah surat lamaran kerja, harus menggunakan cara membuat surat lamaran kerja yang tepat. Termasuk meletakkan setiap poin informasi pada struktur yang benar. Dengan begitu, kamu sudah memberikan informasi lengkap sebagai pengantar dokumen lamaran bagi sebuah perusahaan.